Jumat, 04 September 2015

Amerika Serikat Sebagai Negara Maju

Negara-negara di dunia mempunyai kondisi yang berbeda-beda dari segi politik, ekonomi, teknologi, pendidikan, pariwisata, militer, sumber daya alam (SDA), dan sumber daya manusia (SDM). Negara yang dikatakan sebagai negara maju memiliki keunggulan pada bidang-bidang tersebut. Kalian sering mendengar tentang keunggulan teknologi yang ada di Jerman, industri-industri yang ada di Jepang, kekuatan militer yang ada di Amerika Serikat, dan kestabilan ekonomi yang ada di Inggris. Negara-negara tersebut merupakan contoh negara maju. Tetapi menurut ku, ada satu negara yang bisa dikatakan menjadi negara yang paling maju di dunia yaitu Amerika Serikat.

Amerika memang bukan negara yang memiliki posisi tertinggi dalam hal politik atau demokrasi. Walaupun negara ini bukanlah yang terbaik, tetapi kondisi demokrasinya bisa dikatakan stabil dari negara-negara yang ada di dunia. Mereka menerapkan sistem presidensial sama seperti di Indonesia. Demokrasi di Amerika jarang membuat kegaduhan yang mendunia.

Teknologi yang paling menonjol di Amerika Serikat yang sudah diakui oleh banyak negara adalah teknologi bidang militernya. Amerika merupakan negara yang militernya paling kuat di dunia. Membuat dan mengekspor senjata sudah lama digeluti negara ini. Amerika memiliki sekirat 1,3 juta pasukan, lebih dari 30.000 kendaraan lapis baja, 13.000 pesawat dan helikopter tempur, 10 kapal induk, dan 72 kapal selam, dan puluhan kapal perang lainnya.

Hardfard University adalah sekolah nomor satu di dunia yang berada di Amerika Serikat. Dengan adanya pernyataan tersebut, Amerika sudah pasti memiliki pendidikan yang sangat maju. Banyak orang Indonesia yang datang ke Amerika untuk menuntut ilmu di University. Bukan hanya dari Indonesia, masyarakat di seluruh penjuru dunia juga mengincar universitas tersebut.

Patung liberty merupakan ikon dari negara yang diberi julukan Negeri Paman Sam. Banyak kota-kota besar di Amerika Serikat yang sangat terkenal seperti New York, Los Angeles, Chicago, dan masih banyak lagi. Tentu saja dengan banyaknya turis yang berkunjung ke negara ini menambah pemasukkan negara melalui sektor pariwisata.


Amerika merupakan salah satu mitra dagang terbesar di Indonesia. Barang-barang yang diekspor Indonesia ke Amerika antara lain adalah getah karet, tekstil, mabel, perkakas, dll. Sedangkan barang eksopran dari Amerika untuk Indonesia berupa pesawat terbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar